Friday, March 15, 2013

Cara Setting Karburator pe28


1
Cara Setting Karburator
Cara Setting Karburator
Cara Setting Karburator
Cara Setting Karburator adalah mengatur jumlah campuran udara dan bensin di dalam karburator agar tercipta campuran yang ideal untuk pembakaran di dalam ruang bakar dengan cara mengatur ketinggian jarum skep dan pembukaan saluran udara. Yaitu dengan membuka atau mengendorkan sekrup penyetel udara. Penyetelan ini bertujuan untuk mendapatkan campuran udara dan bensin yang baik untuk dimasukkan ke dalam ruang bakar dan dibakar agar menghasilkan tenaga yang maksimal. Sebaiknya penyetelan atau setting karburator ini dilakukan setelah karburator dibersihkan terlebih dahulu.
Langkah Cara Setting Karburator :
  • Hidupkan mesin sepeda motor dan biarkan tetap menyala selama 5 sampai 10 menit untuk mendapatkan suhu kerja mesin yang ideal sebelum anda melakukan penyetelan karburator. Hal ini juga bertujuan agar oli dalam mesin sudah mengalir dan melumasi semua komponen mesin terlebih dahulu.
  • Putar baut penyetel sekep atau penyetel rpm dengan arah mengencangkan baut penyetel tersebut. Pada saat dilakukan pengencangan baut penyetel tersebut maka putaran mesin akan semakin naik , hal ini ditandai dengan suara mesin yang semakin kencang terdengar.
  • Jangan mengencangkan sampai penuh atau naikkan putaran mesin secukupnya saja.
  • Kencangkan baut penyetel udara dengan cara memutar baut penyetel tersebut dengan arah pengencangan. Penyetelan ini akan membuat mesin semakin turun RPM nya karena saluran udara di karburator akan semakin tertutup.
  • Kencangkan baut ini sampai penuh dan perhatikan juga mesin jangan sampai mati .
  • Jika mesin seperti mau mati , maka naikkanlah RPM  mesin sedikit saja dengan cara memutar kembali baut penyetel sekep ke arah pengencangan. Lakukan pengencangan baut penyetel udara ini sampai baut kencang atau saluran udara tertutup penuh.
  • Memutar baut penyetel udara ini ke arah sebaliknya yaitu ke arah pengendoran baut. Lakukan ini secara perlahan – lahan sambil mendengarkan suara mesin akan semakin keras , yang menunjukkan putaran mesin naik.
  • Perhatikan suara mesin akan terus naik seiring dengan anda mengendorkan baut penyetel udara tersebut. Tapi setelah rpm mesin naik terus , maka akan ada saat dimana  putaran mesin akan turun kembali , seiring dengan pengendoran baut penyetelan udara tersebut.
  • Jika anda mau menyetel dengan setelan basah , maka lakukan penyetelan baut udara di saat suara mesin paling kencang .
  • Namun jika Anda mau melakukan penyetelan kering , lakukan sebelum suara mesin mencapai putaran mesin paling keras.
Demikian artikel tentang Cara Setting Karburator semoga bermanfaat untuk Anda. Penelusuran yang terkait dengan Cara Setting Karburator
setting karburator, setting karburator mio, setting karburator rx king, setting karburator mikuni, setting karburator menurut keihin, cara setel karburator, cara setting karburator pe 28, cara setting karburator 2 tak, cara setting karburator motor 4 tak
1
Cara Setting Karburator
Cara Setting Karburator
Cara Setting Karburator
Cara Setting Karburator adalah mengatur jumlah campuran udara dan bensin di dalam karburator agar tercipta campuran yang ideal untuk pembakaran di dalam ruang bakar dengan cara mengatur ketinggian jarum skep dan pembukaan saluran udara. Yaitu dengan membuka atau mengendorkan sekrup penyetel udara. Penyetelan ini bertujuan untuk mendapatkan campuran udara dan bensin yang baik untuk dimasukkan ke dalam ruang bakar dan dibakar agar menghasilkan tenaga yang maksimal. Sebaiknya penyetelan atau setting karburator ini dilakukan setelah karburator dibersihkan terlebih dahulu.
Langkah Cara Setting Karburator :
  • Hidupkan mesin sepeda motor dan biarkan tetap menyala selama 5 sampai 10 menit untuk mendapatkan suhu kerja mesin yang ideal sebelum anda melakukan penyetelan karburator. Hal ini juga bertujuan agar oli dalam mesin sudah mengalir dan melumasi semua komponen mesin terlebih dahulu.
  • Putar baut penyetel sekep atau penyetel rpm dengan arah mengencangkan baut penyetel tersebut. Pada saat dilakukan pengencangan baut penyetel tersebut maka putaran mesin akan semakin naik , hal ini ditandai dengan suara mesin yang semakin kencang terdengar.
  • Jangan mengencangkan sampai penuh atau naikkan putaran mesin secukupnya saja.
  • Kencangkan baut penyetel udara dengan cara memutar baut penyetel tersebut dengan arah pengencangan. Penyetelan ini akan membuat mesin semakin turun RPM nya karena saluran udara di karburator akan semakin tertutup.
  • Kencangkan baut ini sampai penuh dan perhatikan juga mesin jangan sampai mati .
  • Jika mesin seperti mau mati , maka naikkanlah RPM  mesin sedikit saja dengan cara memutar kembali baut penyetel sekep ke arah pengencangan. Lakukan pengencangan baut penyetel udara ini sampai baut kencang atau saluran udara tertutup penuh.
  • Memutar baut penyetel udara ini ke arah sebaliknya yaitu ke arah pengendoran baut. Lakukan ini secara perlahan – lahan sambil mendengarkan suara mesin akan semakin keras , yang menunjukkan putaran mesin naik.
  • Perhatikan suara mesin akan terus naik seiring dengan anda mengendorkan baut penyetel udara tersebut. Tapi setelah rpm mesin naik terus , maka akan ada saat dimana  putaran mesin akan turun kembali , seiring dengan pengendoran baut penyetelan udara tersebut.
  • Jika anda mau menyetel dengan setelan basah , maka lakukan penyetelan baut udara di saat suara mesin paling kencang .
  • Namun jika Anda mau melakukan penyetelan kering , lakukan sebelum suara mesin mencapai putaran mesin paling keras.
Demikian artikel tentang Cara Setting Karburator semoga bermanfaat untuk Anda. Penelusuran yang terkait dengan Cara Setting Karburator
setting karburator, setting karburator mio, setting karburator rx king, setting karburator mikuni, setting karburator menurut keihin, cara setel karburator, cara setting karburator pe 28, cara setting karburator 2 tak, cara setting karburator motor 4 tak

0 comments:

Post a Comment