DUCATI GP 10 the beautiful artist deemed worthy belle endless ... ..ensuing scene like that view certainly imagine, the picture aja already cool, let alone his running .... waaooow ... ..
HONDA RC212V
with the engine type that is very simple V4
V5 engine rossi historic moment in honda
YAMAHA M1
Lihat rona panas di kenalpotnya..........
SUSUKI GSX ...... Terlihat sedikit simpel di banding honda
MIRIP YMAHA R6
VESPA 97
Nah.........that this motor I, vespa in 97 pretty simple ...... hehehehehe
dibalik dashboard yamaha M1
di
motor harian fungsi dari panel saklar pada setang hanyalah sebagai
saklar biasa, memati hidupkan lampu,lampu atas bawah,klakson dan starter
elektrik, begitu juga pada speedometernya hanyalah sebagai alat untuk
menunjukan pitur standar,seperti kecepatan, petunjuk lampu(N,lampu
atas,sein), kadangkala diimbuhi tachometer dan shift-light.
berbeda dengan di MotoGp, perangkatnya ada
bermacam-macam, tidak lagi sebagai menghidup matikan lampu, atau
penunjuk kecepatan pada speedo. saya contohkan pada motor M1nya rossi
dulu, di stang motornya sendiri terdapat lima saklar yang fungsinya
bermacam-macam, mulai dari pit lane speed limit button, kill switch
engine off button, launch control starting mode, mapping mode
switch,dan front brake position adjuster. berikut fungsi dan
penggunaannya:
- pit lane speed limit button :
- kill switch engine off button :
- launch control starting mode :
- mapping mode switch :
- front brake position adjuster :
penjelasan diatas hanya yang menempel di stang kemudi, lain pula yang terdapat di dashboardnya. input-input dan control-control yang terdapa disini mulai dari mapping mode position, Rpm display, Gps, gear shift light/warning light, engine diagnostic button, gear position, lap time info, water temperature info. berikut penjelasan fungsinya masing-masing:
mapping mode position :
menunjukkan posisi mapping yang dipilih pembalap
Rpm display :
Menampilkan putaran mesin/rpm yang biasa disebut tachometer
Gps :
teknologi baru yang berfungsi untuk mengingatkan pembalap jika motornya bersentuhan dengan motor pembalap lainnya dan juga memberikan input ke pit dimana posisi motor
gear shift light/warning light :
kalo dimotor harian piranti ini terdapat di Suzuki satria FU, berfungsi untuk memberikan peringatan pada pembalap untuk segera memindahkan gigi persneling.
engine diagnostic button :
berfungsi untuk mengaktifkan tampilan data-data dari kondisi motor pada layar LCD.
gear position :
menampilkan posisi gigi persneling.
lap time info :
menginformasikan pada pembalap, berapa waktu tempuhnya dalam satu lap.
water temperature info :
menampilkan kondisi dari temperature air radiator.
Selain switch dan control-control diatas masih ada lagi satu part setingan tambahan yang terdapat dalam motor motoGP yaitu front fork preload adjuster yang berpungsi untuk menyetel preload dari shock depan, digambar diatas juga terpampang stiker berbentuk seperti panah jarum jam, itu bukanlah hanya sekedar stiker biasa tapi penunjuk untuk tempat penyetelan kopling dan rem.
maaf jika informasi yang saya sajikan diatas mungkinlah kurang lengkap, saya mohon tambahannya bagi bro yang mungkin jauh banyak lebih tau dari saya.
0 comments:
Post a Comment