Friday, March 15, 2013

KEINDAHAN MESIN MOTOGP

the beauty of the MotoGP machine

                                                                         DUCATI GP 10 the beautiful artist deemed worthy belle endless ... ..ensuing scene like that view certainly imagine, the picture aja already cool, let alone his running .... waaooow ... ..

                                                                   HONDA RC212V
with the engine type that is very simple V4

                                                V5 engine rossi historic moment in honda

                                                               YAMAHA M1
Lihat rona panas di kenalpotnya..........

                                                                   SUSUKI GSX ...... Terlihat sedikit simpel di banding honda

                                                                  MIRIP YMAHA R6



                                                                      VESPA 97
Nah.........that this motor I, vespa in 97 pretty simple ...... hehehehehe

dibalik dashboard yamaha M1

 
 


beragam fungsi control terdapat di stang dan dashboardnya
di motor harian fungsi  dari panel saklar pada setang hanyalah sebagai saklar biasa, memati hidupkan lampu,lampu atas bawah,klakson dan starter elektrik, begitu juga pada speedometernya hanyalah sebagai alat untuk menunjukan pitur standar,seperti kecepatan, petunjuk lampu(N,lampu atas,sein), kadangkala diimbuhi tachometer dan shift-light.

berbeda dengan di MotoGp, perangkatnya ada bermacam-macam, tidak lagi sebagai menghidup matikan lampu, atau penunjuk kecepatan pada speedo. saya contohkan pada motor M1nya rossi dulu, di stang motornya  sendiri terdapat lima saklar yang fungsinya bermacam-macam, mulai dari pit lane speed limit button, kill switch engine off button, launch control starting mode, mapping mode switch,dan  front brake position adjuster. berikut fungsi dan penggunaannya:

tersimpan berbagai informasi
  • pit lane speed limit button :
difungsikan saat pembalap memasuki area pit-stop, yang mengharuskan pembalap tidak boleh melebihi dari limit speed yang diperbolehkan.
  • kill switch engine off button :
difungsikan saat mematikan motor saat emergency ataupun sengaja untuk mematikan mesin.
  • launch control starting mode :
difungsikan saat memulai start/mengaktifkan launch control
  • mapping mode switch :
berfungsi untuk memilih mode dari setingan ECU yang telah tersimpan, yang sebelumnya mekanik telah membuat map’nya dan menyimpan setingannya.
  • front brake position adjuster :
difungsikan saat ingin mengubah setingan dari rem.


di backup oleh piranti canggih
penjelasan diatas hanya yang menempel di stang kemudi, lain pula  yang terdapat di dashboardnya. input-input dan control-control yang terdapa disini mulai dari mapping mode position, Rpm display, Gps, gear shift light/warning light, engine diagnostic button, gear position, lap time info, water temperature info. berikut penjelasan fungsinya masing-masing:

mapping mode position :
menunjukkan posisi mapping yang dipilih pembalap

Rpm display :
Menampilkan putaran mesin/rpm yang biasa disebut tachometer

Gps :
teknologi baru yang berfungsi untuk mengingatkan pembalap jika motornya bersentuhan dengan motor pembalap lainnya dan juga memberikan input ke pit dimana posisi motor

gear shift light/warning light :
kalo dimotor harian piranti ini terdapat di Suzuki satria FU, berfungsi untuk  memberikan peringatan pada pembalap untuk segera memindahkan gigi persneling.

engine diagnostic button :
berfungsi untuk mengaktifkan tampilan data-data dari kondisi motor pada layar LCD.

gear position :
menampilkan posisi gigi persneling.

lap time info :
menginformasikan pada pembalap, berapa waktu tempuhnya dalam satu lap.

water temperature info :
menampilkan kondisi dari temperature air radiator.
Selain switch dan control-control diatas masih ada lagi satu  part setingan tambahan yang terdapat dalam motor motoGP yaitu front fork preload adjuster yang berpungsi untuk menyetel preload dari shock depan, digambar diatas juga terpampang stiker berbentuk seperti panah jarum jam, itu bukanlah hanya sekedar stiker biasa tapi penunjuk untuk tempat penyetelan kopling dan rem.
maaf jika informasi yang saya sajikan diatas mungkinlah kurang lengkap, saya mohon tambahannya bagi bro yang mungkin jauh banyak lebih tau dari saya.

0 comments:

Post a Comment